Live In (2)

Pagi-paginya saya sudah bersiap untuk melihat kegiatan KBA di Kembangan Lestari. Awalnya jadwal seharusnya adalah olah raga di lapangan dan makan bersama. Tapi karena banyak yang terlambat, kegiatan olah raga ini dibatalkan.

Tapi tetep seru kok. Anak-anak menyanyi-nyanyi sambil menari-nari bersama.

Salah satu lagu yang kuingat adalah
Nada : (Sol-Mi-Mi-Fa-Re-Re-Do-Re-i-Fa-Sol-Sol-Sol, Sol-Mi-Mi-Fa-Re-Re-Do-Mi-Sol-Sol-Do_

Kucing Cat
Anjing Dog
Kupu-kupu butterfly
Burung bird
Ikan Fish
Gajah Elephant
Ayam Chicken Tok Petok
Bebek Duck Kwe-kwek-kwek
Lapa..
Lupa..
Jerafah Girafe

Lagu itu dinyanyikan dengan berbagai gaya dan gerakan loh. Pokoknya namanya juga anak TK, pada suak meyanyi.

Setelah itu, ada kegiatan makan bersama. Anak-anak membawa bekal dan memakannya bersama di KBA. Bagi yag tidak membawa bekal, tetap kebagin mkanan. Para guru mengumpulkan sedikit makanan dari masing-masing kotak anak-anak (sehingga menjadi cukup banyak) untuk dibagikan ke anak-anak yang tidak membagi bekal. Cara yang manis untuk mengajarkan caranya berbagi.

Saya sendiri sebenarnya sulit untuk membandingkan proses belajar di KBA dan di tempat saya mengajar karena saya biasa mengajar dan membimbing anak-anak pra-remaja yang jelas berbeda umur dan karakteristiknya denga anak usia KBA (4-5tahunan). Sebenarnya kalau untuk pendidikannya, saya merasa KBA (Kembangan Lestari) sudah punya dasar yang bagus. Para pengajarnya memiliki spirit, semangat, dan senang untuk belajr hal baru. Saya percaya bila para pengajar di sana mendapatkan kesepatan untuk belajar berbagai ketrapiln (mengajar/mendampinygi) yang baru, skill-skill tentang seni, dan cara belajar baca-hitung yang menarik, pasti proses belajar di KBA akan oke banget. Para pengajar hanya perlu sedikit lagi pengasahan soal metode dan mungkin psikologi. YAng jeas menurutku basicnya udah oke kok.

Setelah mengikuti proses belajar di KBA Kembangan Lestari, saya pergi ke Kampung lain (lupa namanya), Kampung Elektro, dan Kampung Kebun Tebu. Ikuti petualangan saya selanjutnya....

Comments

Popular posts from this blog

Membaca "The Present Takers", Sebuah Novel Tentang Bullying

Memahami Pembelajaran Terintegrasi (Bagian 1) : Definisi & Manfaat Pembelajaran Terintegrasi

Belajar Tentang Keliling Bangun Datar Memecahkan Masalah