Belajar untuk Mengajar

If you can't explain it imply, than you don't understand it well enough.
Kalau kamu tidak bisa menjelaskannya dengan sederhana, berarti kamu tidak cukup memahaminya.
(Albert Einstein)

Saya berpendapat bahwa tugas guru bukan hanya menjelaskan suatu materi. Salah satu tugas guru yang lain adalah mengajak siswa menjelaskan dan mengungkapkan pemikiran mereka sendiri. Salah satu cara untuk memancing siswa melakukan hal ini adalah dengan teknik bertanya. Guru-guru yang saya kagumi semuanya memiliki skil bertanya yang baik. Saya sendiri masih sedang belajar untuk menguasai keterampilan bertanya. Dengan bertanya, berarti guru tidak harus selalu menjadi sumber informasi di kelas. Tetapi dia pertanyaannya mampu memancing siswa untuk berpikir dan mencari tahu.

Meskipun guru tidak perlu selalu menjadi sumber informasi, hal ini tidak bearti bahwa guru tidak perlu belajar dan belajar kembali. Kalaupun kita menjadi guru fisika misalnya, dan kita sudah mengajar mengenai 'tekanan' bertahun-tahun. Itu bukan berarti saat kita mau mengajar kita tidak perlu belajar lagi mengenai 'tekanan'. Saya selalu menyempatkan belajar kembali mengenai materi yang akan saya ajarkan, meskipun hal tersebut sudah pernah saya pelajari sebelumnya dan ternyata saya selalu menemukan hal baru. Kadang, pemahaman baru, metode baru, ataupun ide-ide baru terkait materi yang akan saya ajarkan. Rasanya merupakan sebuah prinsip dasar bahwa guru harus belajar dan belajar kembali mengenai apapun yang akan diajarkannya. Seperti kata Einstein, so they understand it well enough. Tujuannya tentu bukan hanya agar bisa menjelaskan dengan baik, tapi juga untuk menunjukkan pada siswa, bahwa kita sebagai guru juga merupakan pembelajar. Semangat belajar ini toh yang mau kita tularkan pada siswa-siswa kita?

Comments

Popular posts from this blog

Membaca "The Present Takers", Sebuah Novel Tentang Bullying

Memahami Pembelajaran Terintegrasi (Bagian 1) : Definisi & Manfaat Pembelajaran Terintegrasi

Belajar Tentang Keliling Bangun Datar Memecahkan Masalah