Dari mana datangnya ide pembelajaran?

Saya sering mendapatkan email ataupun message di fb dari guru-guru untuk dibantu dicarikan model-model pembelajaran yang menarik. Kadang-kadang saya membantu mencarikan bahan (yang seringkali masih dalam bahasa Inggris, sehingga tidak selalu mudah dipahami guru). Kadang saya juga memberikan tips-tips mengenai caranya saya mencari bahan. Ini yang ingin saya bagikan di sini.

Saat saya mau mengajar suatu materi, misalnya, mengenai 'energi'. Yang akan saya lakukan adalah membaca ulang mengenai 'energi'. Saya sering menggunakan perolongan Mbah Google untuk melakukan ini. Biasanya tools yang saya gunakan adalah 'google scholar', 'google books' atau kadang google saja.

Selain mencari bahan-bahan dasar mengenai materi yang akan saya ajarkan. Saya juga suka mencari lesson plan terkait materi tersebut. Kata kuncinya misalnya :
"lesson plan"+energy

Saya suka membandingkan sebanyak mungkin lesson plan yang ada. Kadang ada yang langsung 'klik'. Bisa deh dipakai untuk pembelajaran.

Saya paling senang kalau bisa menyiapkan bahan
Kadang saya menyiapkan bahan bahan baik berupa presentasi, modul, worksheet, dan lesson plan dengan guru lain. Kalau sendiri kadang idenya mentok itu-itu saja. Kalau berdiskusi dengan setidaknya satu orang guru lain, langsung deh idenya cepat berkembang. Kadang sih memang harus menyiapkan sendiri, tapi saya sungguh lebih senang kalau ada teman diskusi.

Beberapa sekolah saya tahu memang mewajibkan gurunya untuk menyiapkan semua bahan untuk mengajar secara bersama-sama. Bagi guru-guru yang tergabung dalam sekolah semacam ini, beruntung sekali! :)

Setelah itu tinggal bekerja deh!

Ide-ide pembelajaran juga bisa datang di luar proses yang saya ceritakan di atas. Kadang saat menonton film, membaca buku, setelah ikut pelatihan, dengan memerhatikan guru lain mengajar, dan lain-lain.

Itu sedikit cerita saya. Teman-teman yang lain pasti punya tips lain mengenai bagaimana menyiapkan pembelajaran di kelas. Share yah!

Comments

Popular posts from this blog

Membaca "The Present Takers", Sebuah Novel Tentang Bullying

Memahami Pembelajaran Terintegrasi (Bagian 1) : Definisi & Manfaat Pembelajaran Terintegrasi

Belajar Tentang Keliling Bangun Datar Memecahkan Masalah