The Giving Tree - Shel Silverstein


Belajar bahasa Inggris bersama ternyata merupakan pintu masuk untuk bisa berbagi dengan guru-guru di sekitar Mentari, komunitas pendidikan non-formal tempat saya mengajar di tahun 2007 - 2008. Guru-guru di sana merasa butuh belajar bahasa Inggris. Sehingga setiap minggu mereka datang dengan senang hati meskipun tidak mendapatkan sertifikat.

Rabu kemarin kami belajar bahasa Inggris dengan menyanyikan lagu Hockey Pockey, lalu mengerjakan beberapa worksheet terkait grammar. Kami juga menggambar seorang yang penting dalam hidup kita (seperti adik, anak, teman, dll), dan meminta masing-masing guru untuk bercerita mengenai gambarnya,. Terakhir, kamibersama-sama mendengarkan rekaman The Giving Tree - Shel Silverstein sambil membaca teks tertulisnya. Kata-kata yang baru yang didapatkan dari teks didiskusikan. Saya akan selalu berusaha menggunakan cerita-cerita untuk belajar. tujuannya untuk menambah kosa kata, membiasakan mereka membaca teks berbahasa Inggris (meskipun dimulai dengan sederhana), dan lainnya. Kebanyakan guru yang hadir adalah guru PAUD, sehingga saya sangat ingin mengenalkan mereka dengan berbagai cerita anak. Siapa tahu ceritanya bisa digunakan di dalam kelas saat mereka mengajar. Selain belajar bahasa Inggris, mereka bisa mendapatkan tambahan bahan untuk mengajar di kelas!

Saat refleksi seorang guru PAUD yang ikut proses belajar berkata, "Seru. Gak menyangka saya bisa memahami bacaan berbahasa Inggris."

Comments

C'est ma salle said…
Aduh, serunya! Saya mau dong ikut belajar Bhs Inggris. Sering-sering diajar ama Puti, pasti pinter saya.

Popular posts from this blog

Membaca "The Present Takers", Sebuah Novel Tentang Bullying

Memahami Pembelajaran Terintegrasi (Bagian 1) : Definisi & Manfaat Pembelajaran Terintegrasi

Standar Konten dan Standar Proses (NCTM, 2000)